Tujuan Pembelajaran (TP)

Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan  kompetensi yang dicapai peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Dalam IKM, tujuan pembelajran yang dimaksud adalah tujuan pembelajaran secara umum (learning goals). Tujuan ini nantinya perlu dijabarkan ke tujuan yang lebih rinci dan dirumuskan juga rincian kriteria ketuntasannya. 

Tujuan Pembelajaran (TP) terdiri dari:
  • kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang didemosntrasikan oleh peserta didik
  • konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama

Alternatif Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP)

Pendidik memiliki alternatif untuk merumuskan tujuan pembelajaran dengan beberapa alternatif di bawah ini:

  • Alternatif 1. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP
  • Alternatif 2. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis ‘kompetensi’ dan ‘lingkup Materi’ pada CP.
  • Alternatif 3. Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP
Pada setiap Tujuan Pembelajaran perlu dirumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran yang menjadi kriteria bahwa siswa dikatakan tuntas dalam pembelajaran. Secara operasional kriteria ini dapat diwujudkan dalam indikator (bisa lebih dari 1 indikator). Nantinya, indikator ini dapat digunakan dalam membuat asesmen, khususnya dalam membuat soal.

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran 
Setelah merusmuskan tujuan pembelajaran, langkah berikutnya dalam perencanaan pembelajaran adalah alur tujuan pembelajaran. Alur Tujuan Pembelajaran disingkat ATP sebenarnya memiliki fungsi yang serupa dengan apa yang dikenal selama ini sebagai "silabus", yaitu untuk perencanaan dan pengaturan pembelajaran dan asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. 

Ada tiga kriteria alur tujuan pembelajaran (ATP) yaitu:

  1. menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai
  2. ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan yang linear
  3. ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antarfase